Mungkin Nanti

Pernah suatu ketika ada yang bertanya padaku, blog kamu intens di bidang apa? Saat itu aku langsung tertawa mendengarnya. Aneh, pikirku saat itu. Apa untuk membuat blog kita harus menentukan tema apa yang akan kita angkat dalam blog kita? Kenapa? Buat apa?

Boleh jadi saat itu aku memang tertawa dan menganggap hal itu lucu. Tapi sekarang aku mulai mengerti, kenapa banyak orang membuat tema khusus untuk blog mereka. Kenapa banyak orang mulai berbondong-bondong blogging, padahal tidak semua dari mereka suka menulis. Jawabnya sederhana. Yup, bisnis online! Banyak orang mulai menggunakan blog sebagai media untuk bisnis. Mencari uang. Dan tema yang khusus memudahkan mesin pencari untuk menemukan blog kita. Memudahkan kita mendapatkan banyak pembaca. Lalu pada akhirnya memudahkan bisnis online kita. Barangkali begitu logikanya.

Dan jika ada yang bertanya, tertarik kah aku untuk menjual tulisan demi uang, why not?! Siapa sih yang tidak kepincut dengan iming-iming menjadi kaya tanpa kemana-mana, atau mengumpulkan dollar dengan mudah. Jujur semua orang pasti tidak akan menolak. Tapi membayangkan blog ku akan berkembang sedemikian pesat dengan ribuan bahkan jutaan pengunjung, rasanya masih terlalu jauh untuk kulakukan. Memikirkan pundi-pundi uang akan mengalir ke rekening pribadiku dengan lancar juga terlalu muluk bagiku. Karena aku sadar, untuk menjadi besar seseorang atau sesuatu perlu tumbuh. Perlu proses, perlu waktu dan tidak instan. Dan bukan itu tujuanku semata-mata menulis. Bagiku, hanya dengan menulis, menulis dan bisa tetap menulis saja sudah cukup. Meskipun tak menutup kemungkinan suatu saat pun ada keuntungan finansial yang kudapatkan lewat blog ini. Yang pasti tidak sekarang. Ya… mungkin nanti…

Advertisements

~ by desinta wp on 06/07/2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: