Why Do Today What You Can Delay Till Tomorrow?

Dont delay till tomorrow what you can do today!

Itu kata guru bahasa inggrisku dulu. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan hingga besok jika kita sudah bisa mengerjakannya hari ini. Makin cepat selesai makin bagus, mungkin seperti itu seharusnya. Tapi apa yang terjadi dalam kenyataan sehari-hari sepertinya justru berlawanan. Kalau kita merasa masih punya banyak waktu, kenapa harus terburu-buru? Iya kan?

Dalam beberapa keadaan, kebiasaan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan memang baik. Selain alasan waktu, kita sebagai manusia juga sering lupa dan terlena hingga tak jarang akhirnya pekerjaan itu malah tidak jadi dikerjakan sama sekali. Biasanya jika pekerjaan itu memiliki deadline atau batas akhir. Karena keasyikan menunda kita jadi lupa batas waktunya. Kita merasa masih punya banyak waktu hingga tiba-tiba semuanya sudah terlambat. Akhirnya cuma bisa menyesal, kenapa tidak kita kerjakan dulu-dulu selagi sempat. Apalagi jika pekerjaan itu termasuk penting, seperti mendaftar lomba atau sejenisnya. Akhirnya kita juga yang rugi, jadi kehilangan kesempatan. Benar juga kata Benjamin Franklin, you may delay, but time will not. Kita bisa menunda-nunda tapi waktu tak bisa menunggu.

Di lain pihak, tidak buru-buru mengerjakan sesuatu mungkin juga ada baiknya. Apalagi jika waktu yang kita punya masih banyak dan cukup. Bukan berarti menunda, tapi  sekedar mencari waktu yang tepat untuk mengerjakannya agar hasilnya lebih baik dan maksimal. Boleh saja tidak mengerjakannya hari ini jika kita masih bisa melakukannya besok. Biasanya aku menerapkan prinsip ini saat menyelesaikan sebuah cerpen atau puisi, ataupun artikel dengan bahan-bahan khusus. Pengerjaan yang terburu-buru atau sekali jadi sering membuat kita kurang teliti memperhatikan hal-hal kecil. Pikirku, sedikit mengulur waktu mungkin bisa memberikan ide yang lebih baik atau lebih sempurna. Dalam hal ini, aku sependapat dengan Aaron Burr, never do today what you can put off till tomorrow, delay may give clearer light as to what is best to be done. Asal jangan menggunakan alasan itu untuk menunda setiap pekerjaan yang ada hingga lupa deadline saja. So, be wise to your life 🙂

Quotes taken from: Inspirational Words of Wisdom, Quotes

Advertisements

~ by desinta wp on 28/02/2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: