Andai Google dan Wikipedia Tak Pernah Ada

Pernah enggak membayangkan seandainya Google (search engine) dan Wikipedia (ensiklopedia) tidak pernah ada di dunia maya ini? Kalau saya sih, jujur tidak bisa membayangkannya. Kenapa? Sebab bisa dikatakan hidup saya bergantung pada kedua situs tersebut. Selain kedua situs tersebut merupakan media pembelajaran saya tentang segala sesuatu, kedua situs itu pun punya peran yang besar bagi tulisan-tulisan saya dalam blog ini.

Pasti semua orang sudah tau apa fungsi Google dalam kehidupan kita. Hampir bisa dipastikan sebagian besar pengguna jasa internet adalah pengguna jasa Google. Menurut saya Google itu hampir sama dengan kantong ajaibnya Doraemon. Saat kita butuh sesuatu, kita tinggal memasukkan tangan ke dalam kantong tersebut dan keluarlah bermacam-macam barang yang sesuai dengan kebutuhan kita. Dalam hal ini, tentu bukan barang yang keluar melainkan informasi. Yup, apapun informasi yang ingin kita cari bisa kita dapatkaan di Google. Seperti kata salah satu teman saya, jika ada cara untuk mencari informasi dari kumpulan data yang setara dengan tumpukan kertas setinggi 100 km, hanya dalam waktu kurang dari setengah detik, maka cara itu pasti; “di Google aja !” (diambil dari notes di FB tanpa sepengetahuan pemiliknya :D)

Lalu, bagaimana dengan Wikipedia? Hampir sama dengan Google, di Wikipedia saya juga bisa mendapatkan banyak sekali informasi yang saya butuhkan untuk tulisan-tulisan saya. Terutama sekali jika saya mebutuhkan informasi tentang sesuatu yang benar-benar bisa dipertanggung jawabkan, seperti definisi kata atau biografi seseorang. Kenapa saya bilang,’ benar-benar bisa dipertanggung jawabkan’? Nah, sebenarnya disinilah pointnya. Saya sering menggunakan jasa Google dan Wikipedia untuk melengkapi tulisan saya, agar tulisan saya menjadi tulisan yang jelas dan benar-benar bisa saya pertanggung jawabkan kebenarannya. Karena bagaimana pun juga seorang penulis pasti mempunyai tanggung jawab atas apa yang ditulisnya, seperti mencantumkan sumber atau referensi dalam tulisannya. Hal ini adalah salah satu usaha saya untuk belajar menjadi seorang penulis yang baik.

Selain itu, Google juga masih mempunyai banyak sekali jasa sebagai media belajar saya secara otodidak. Wajar jika saya tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya seandainya Google dan Wikipedia tidak pernah ada di dunia maya ini. Thanks to Google and Wiki!

~ by desinta wp on 15/03/2010.

Leave a Reply

 
