Ebook Cinta Itu (Tidak) Merah Jambu

Apa yang istimewa dari ebook ini?

Ebook garapan 17 nuliser dari situs Yuk Nulis ini mengingatkanku pada ide blog interaktif yang dulu pernah aku usulkan di mobitrek dan sempat jalan sampai 24 episode. Konsep pengerjaannya hampir sama, yaitu menulis cerita secara sambung menyambung dan dilakukan oleh beberapa penulis yang berbeda sesuai dengan imajinasi masing-masing. Hanya bedanya, ebook ini ditulis oleh orang-orang yang sudah kompeten di bidangnya, hingga pergantian cerita dari setiap penulis hampir tidak kentara. Berbeda dengan blog interaktifku dulu yang sebagian besar ceritanya keluar dari alur bahkan tidak punya korelasi sama sekali dengan cerita sebelumnya. Meski begitu, rasanya tetap sayang sekali blog interaktif itu tidak bisa berlanjut karena situs mobitrek terlanjur mati suri sebelum semuanya selesai.

Sengaja ditulis untuk menyambut hari valentine bulan Februari kemarin, ebook ini bercerita tentang kisah cinta dua cewek kembar (Ayu dan Cantik) yang menyukai cowok yang sama (Bagus). Ceritanya ringan dan mengalir, seperti teenlite kebanyakan. Penulis-penulisnya yang berkompeten membuat cerita dalam ebook ini cukup bisa dinikmati tanpa terganggu sedikitpun dengan pergantian penulisnya. Hingga tibalah di saat-saat terakhir, cerita menjadi sedikit rancu saat muncul tokoh bernama Jiwa dan saudara kembarnya Raga, serta kabar bahwa salah satu diantara mereka adalah seorang gay. Disini mulai terlihat perbedaan arah cerita dari para penulisnya. Dan jujur saja, membacanya membuatku jadi senyum-senyum sendiri hehe.

Keputusan untuk membuat ending yang berbeda versi masing-masing penulis menurutku cukup bijaksana. Dengan demikian, setiap penulis bebas mengakhiri ceritanya sesuai imajinasi masing-masing yang telah terbangun sejak awal cerita. Di ebook ini ada 9 versi ending dari 9 penulis. Secara pribadi aku paling suka dengan ending ketiga dari Femy. Selain lebih happy ending, ceritanya juga ringan dan tidak terlalu dramatis. Secara keseluruhan, ebook ini cukup menarik untuk dibaca dan masih bisa di download gratis disini.

Advertisements

~ by desinta wp on 25/04/2010.

7 Responses to “Ebook Cinta Itu (Tidak) Merah Jambu”

  1. Dear Desinta,
    Terima kasih sudah membagi e-book ini.
    Ceritanya mungkin ajaib, proses menulisnya yang memang menarik. Dari proses itu justru kami keranjingan 🙂
    salam untuk teman-teman semua

    G. Lini Hanafiah
    Via Lattea Foundation
    http://www.Via-Lattea.org
    http://www.YukNulis.com

    Like

  2. makasih sudah mampir mbak Lini.. saya akan senang sekali menunggu karya2 seperti ini berikutnya.. 🙂

    Like

  3. Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, watch south park online

    Like

  4. Mbak gimana cara downloadnya? sorry agak gaptek

    Ajie

    Like

  5. Yah, sekian kesalahan menulis yang sering saya temukan ketika melihat tugas kuliah mahasiswa, buku-buku bisnis lokal, dan seringkali majalah. Saya tidak melebih-lebihkan hasil tulisan penulis asing, tapi harus saya akui mayoritas lebih baik. Permasalahannya, kita tidak menulis blog atau cerita karangan. Kita membuat karya yang akan dibaca dan harus dimengerti orang lain. Penulisan yang tepat akan membuat pesan tersampaikan sekaligus memberikan kesan bahwa kita memahami apa yang kita tulis (meskipun bisa saja isi informasinya tidak tepat, hehehe..).

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: